My Great Web page

Sabtu, 10 Desember 2011

Makalah Administrasi Pembelajaran



A.      Pengertian Administrasi Progam Pembelajaran.
Administrasi Program Pembelajaran Adalah Kegiatan Yg meliputi Pengaturan Seperangkat Program Pengalaman Belajar Yang di Susun Untuk Mengembangkan Kemampuam Siswa Sesuai Dengan Tujuan Sekolah  Dalam Rangka Terciptanya Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Dan Efisien.Di mana Administrasi ini Sangat Perlu Atau Sangat Penting Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak.
B.      Kegiatan –Kegiatan Administrasi Program Pembelajaran Di Tk.
1.          Penyusunan Program.
Penyusunan Program Adalah  Memikirkan Dan Menetapkan Kegiatan Yang Akan Di lakukan Selama Satu Tahun Ajaran Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan. Di mana Kegiatan Ini Ada Partisipasi Antara Kepala Sekolah Guru,Serta Staf Yang Mendukung Berjalannya Suatu Kegiatan  Yang Akan Di laksanakan Pada Awal Tahun.Di mana kegiatan awal tahun adalah suatu kegiatan yang di lakukan  secara rutinitas tetapi hanya di lakukan pada awal tahun di mana kegiatan ini di lakukan untuk mendiskusikan apa-apa saja yg harus di lakukan pada awal tahun,kegiatan harian,mingguan,bulanan dan akhir tahun.penyusunan program biasannya di lakukan oleh kepala yayasan atau kepala sekolah berdasarkan hasil rapat.
Kegiatan  ini di lakukan baik itu setiap awal tahun,harian,mingguan,bulanan,serta akhir  tahun di sebabkan agar terciptanya suatu kondisi yang nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.kita ketahui bahwa di Tk harus memiliki penyusunan program yang baik sehingga terciptanya  suasana yang kondusif yang aman,nyaman dan tentram.
Cara pelaksanaan dalam menyusun suatu program yaitu di mana adanya kerjasama antara kepala sekolah,guru,serta staf yang ada di sekolah tersebut untuk melaksanakan kegiatan yang di namakan rapat.di  mana kegiatan belajar mengajar itu di lakukan berdasarkan penyusunan program yg telah di buat pada tk tersebut.penyusunan program tersebut harus di lakukan pada menjelang pembukaan tahun ajaran baru.
2.          Kalender Pendidikan.
Penyusunan kalender pendidikan berbeda dengan penyusunan program kerja tahunan.kalender pendidikan adalah suatu jadwal  yang berisikan angka –angka numeric yang harus di ikuti oleh sekolah di mana pada jadwal tersebut sudah  di tentukan di mana terdapat hari,tanggal,bulan n tahun yang sudah di resmikan oleh Diknas.
Kalender pendidikan sangat di butuhkan pad ataman kanak –kanak guna terciptanya dunia pendidikan  yang teratur serta koordinir sehingga sekolah-sekolah pada saat waktu dan jadwal kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik.kalender pendidikan sangat di perlukan sekali selain di gunakan  untuk menentukan jadwal-jadwal rapat di sekolah juga di gunakan untuk melihat kapan menjelang liburan dan masuk sekolah.
Cara pelaksanaan kalender pendidikan sekolah itu sudah di tentukan oleh usat atau yayasan,di mana sekolah-sekolah pada anak uisa dini itu kalender pendidikannya sudah di tentukan di mana di bagi dalam tiga macam yaitu umum,lembaga serta kelas di mana umum itu biasa di gunakan di masyarakat luas sedangkan lemvaga dari pihak yayasan baik itu dari lembaga atu muhamadiyah  sedangkan kelas adalah suatu kalender yang di gunakan oleh masing-masing pihak sekolah yang sudah di ubah bentuknya oleh sekolah tersebut.
3.          Jadwal kegiatan Belajar.
 Jadwal kegiatan belajar mengajar adalah suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar yang sudah di tentukan oleh pihak sekolah sehingga tercapainya proses belajar mengajar yang efektif.Dimana proses belajar mengajar ini akan berlangsung baik apabila adanya kerjasama antara siswa dan anak muridnya,sehingga proses belajar mengajar itu dapat berjalan sesuai apa yang di inginkan atau di harapakan pada tk tersebut.
Jadwal kegiatan mengajar ini sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar,di mana dengan adanya jadwal kegiatan belajar akan menciptakan suasana disiplin bagi guru serta staf yang lain.selain itu guru jg bisa tau kapan dia bertugas untuk mengajar anak-anak.selain itu itu anak-anak bisa mendapatkan berbagai kegiatan yang berbeda sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang di berikan oleh guru tersebut.
Cara melaksanakannya yaitu dengan adanya persetujuan dari pihak sekolah serta yayasan .di sini di perlukan adanya kerjasama antara pihak sekolah  yaitu kepala sekolah,guru serta staf yang lain.di sini guru memberikan kegiatan belajar mengajar  berdasarkan jadwal yang sudah ada atau sudah di tentukan oleh kepala sekolah.
4.          Perencanaan Belajar Mengajar.
Perencanaan belajar mengajar adalah suatu rancangan kegiatan yang harus di lakukan oleh pihak sekolah sehingga terlaksananya proses belajar mengajar yang kita inginkan.tanpa adanya perencanaan belajar mengajar sangat susah menentukan apa-apa saja yang di perlukan oleh para anak didik.oleh karena itu sebelum melaukan kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu di lakukan adanya kegiatan perencanaan(planning ).
Perencanaan sangat di perlukan terlebih dahulu agar terciptanya kegiatan belajar mengajar yang baik dan lancar.kegiatan perencanaan belajar ini harus di lakukan sebelum proses kegiatan belajar mengajar itu berlangsung.sehinnga tidak terjadi kekacauaan dalam proses belajar mengajar.apabila kegiatan perencanaan sudah di rencanakan terlebih dahulu maka guru hanya tinggal menjalankan tugas mereka sebagai pengajar dan pendidik.

5.          Pembukaan Tahun Ajaran Baru.
Pembukaan tahun ajaran baru adalah suatu kegiatan setiap awal tahun yang di dalamnya terdapat berbagai macam kegiatan seperti penerimaan siwa baru dengan di adakan sensus anak usia prasekolah.di mana sekolah itu sudah menyiapkan buku untuk pendaftaran anak murid yg mau masuk di tk tersebut.selain buku di berikan formulir berupa biodata anak yg berisi tentang nama,tempat tanggal lahir,umur,nama orang tua,pekerjaan orang tua dll.
Pembukaan tahun ajaran baru itu sangat berguna bagi penerimaan siswa baru dengan mengganti siswa lama yang sudah tamat dari sekolah ,sehingga menambah murid di sekolah tersebut.pembukaan tahun ajaran baru sangat penting bagi siswa baru.
Cara pelaksanaan tahun ajaran baru memang sudah di persiapkan oleh pihak sekolah dari jauh hari di mana mereka sudah membentuk suatu kepanitiaan yang memang telah di bagi atau sudah di beri tugas masing- masing oleh kepala sekolah.kegiatan yg di lakukan itu seperti diadakan acara dengan tarian atau pameran dalam penerimaan siswa baru.
6.          Pelaksanaan Kegiatan Belajar.
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang di lakukan baik itu di dalam kelas,maupun di luar kelas yang berada di lingkungan sekolah yang terdiri dari pendidik dan anak didiknya.di mana dalam kegiatan proses belajar mengajar ada di laksanakan suatu kegiatan yang memberikan pengetahuan kepada anak sehingga kecerdasan yg di miliki anak bisa bertambah serta aspek-aspek perkembangan yang di miliki oleh anak bisa terlihat.
Pelaksanaan  kegiatan belajar mengajar itu sangat penting agar anak-anak bisa menambah pengetahuan.di mana dengan adanya  kegiatan belajar mengajar guru bisa melihat dan menilai anak didiknya yang cepat menangkap pembelajaran yang di ajarkan oleh guru serta guru bisa menilai apa saja yang di butuhkan oleh anak didiknya sehingga proses perkembangan anak didiknya.
Cara pelaksanaanya  para pendidik  di mana terlebih dahulu  mereka menyediakan media pembelajaran yang sudah di rancang terlebih dahulu.di mana tema itu di kaitkan dengan media yg akan di bawakan pada waktu mengajar.sebelum mengajar terlebih dahulu seorang guru memberikan penjelasan mengenai tema setelah itu guru memberikan pertanyaan mengenai apa yg dia ajarkan tadi.kemudiana guru memberikan tugas kepada anak-anak sehingga guru tersebut bisa tau batas kemampuan dari anak-anak yang di ajarkan.
7.          Pengaturan Permainan.
Pengaturan permainan adalah proses mengatur serta merancang suatu kegiatan bermain yang mana akan di laksanakan baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas yang sudah terlebih dahulu di persiapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar sehingga kegiatan permainan tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Pengaturan permainan ini berguna untuk memacu kecerdasan dan kemampuan siswa.dalam sebuah permainan anak di berikan kesempatan untuk melatih kecerdasan berpikirnya selain itu perkembangan beberapa aspek yg di miliki oleh anak itu bisa berkembang dengan baik.sehingga pengetahuananak itu bisa bertambah dan anak itu bisa lebih kreatif dalam melakukan suatu kegiatan.
Cara pelaksanaan pengaturan permainan terlebih dahulu sudah di persiapkan atau di rencanakan oleh guru.kegiatan permainan itu di tentukan oleh guru di mana anak-anak yang melakukan kegiatan permainan kemudian guru bisa melihat dan menilai kemampuan dari setiap anak didiknya.
8.          Pelaksanaan Evaluasi.
Pelaksanaan evaluasi adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh para guru atau tutor untuk menilai anak didiknya berdasarkan kemampuan yang di miliki anak didiknya.bentuk penilaian atau pelaporan dalam bentuk sebuah narasi yang di tulis dalam buku rapor yang berisikan tentang aspek-aspek perkembangan pada anak didik.
Pelaksanaan evaluasi sangat berguna agar bisa mengetahui kemampuan dari setiap anak didik.di mana kita ketahui bahwa setiap anak itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda.apabila kita sudah mengetahui kemampuan anak didik.sebagai guru yang baik guru tersebut tinggal membenahi apa-apa saja yang harus di benahi agar kemampuan anak tersebut bisa bertambah.
Cara pelaksanaan evaluasi ini yaitu di lakukan pada akhir semester di mana pada saat siswa terima rapot.di mana buku laporan itu bukan berisikan narasi saja tetapi berisikan tanda ceklis.di mana buku laporan berisikan kemampuan anak dalam menerima proses belajar mengajar selama satu semester.
9.          Layanan Bimbingan Dan Penyuluhan.
Layanan bimbingan dan penyuluhan yaitu suatu tempat di mana di lakukan konsultasi mengenai apa-apa saja permalsahan yang di hadapi baik orang tua maupun anak didik itu sendiri.layanan ini bertujuan bagi anak-anak yang sedang menghadapi masalah yang membutukan perhatian dari seorang guru dan tugas dari guru adalah menangani masalah yang ada pada anak.selain pada anak orang tua juga di berikan bimbingan atau penyuluhan mengenai orientasi program sekolah pada tk tersebut.
Tujuan di lakukan layanan dan bimbingan dan penyuluhan yaitu untuk  mengetahui  apa saja masalah yang di hadapi oleh anak dan bagaimana cara mengatasinya.sebagai guru kita harus melakukan pendekatan,memberikan pemahaman dahulu kepada anak sehingga anak tersebut mau merubah  atau mau mengakui kesalahan yang di buat oleh anak tersebut.
Dalam layanan bimbingan dan penyuluhan yaitu cara pelaksanaanya yaitu bagi anak didik biasanya di lakukan pendekatan secara individual atau kelompok.di mana agar anak tersebut dapat merubah kesalahn yang telah di buatnya.bagi orang tua biasanya pelayananya di lakukan setiap bulan mengenai program kegiatan belajar di mana di lakukan dengan diadakan rapat antara guru dan orang tua.
10.      Penutupan Tahun Ajaran Baru.
Penutupan tahun ajaran baru adalah kegiatan yang di lakukan setiap tahun di mana kegiatan tersebut antara lain yaitu adnya laporan pertanggungjawaban ke diknas setiap tahunnya mengenai kegiatan apa saja yang di lakukan baik itu dalam urusan administrasi,keuangan dan lain-lain serta adanya penyerahan ijazah para siswa yang mau tamat di sekolah tersebut serta di adakan kegiatan seni  tari pada sat penyerahan ijazah berlangsung.
Penutupan tahun ajaran baru di selenggarakan guna untuk mengetahui apa saja yang di butuhkan oleh pihak sekolah serta mengetahui akhir dari hasil pengajaran guru kepada anak didik,serta ingin mengetahui berapa siswa yang akan di tamatkan oleh pihak sekolah.selain itu melihat kembali apa-apa saja yang perlu di benahi pada tahun ajaran baru.dengan adanya penutupan tahun ajaran baru pihak sekolah bisa mengetahui berapa banyak siswa yang akan di butuhkan di sekolah tersebut.
Cara pelaksanaan tahun ajaran baru yaitu pihak sekolah sudah menentukan terlebih dahulu panitia setelah itu panitia tersebut mengadakan keg iatan berupa tari-tarian,pameran dll.di mana kegiatan itu di lakukan oleh anak-anak sebagai tanda perpisahan kepada gurunya serta kepada teman beserta ade kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar