My Great Web page

Sabtu, 10 Desember 2011

Pengertian kidal



      Kidal adalah suatu kebiasaan kita yang selalu menggunakan tangan kiri untuk melakukan pekerjaan,karya menulis,makan atau memegang sesuatu.kecenderungan seseorang untuk lebih aktif menggunakan anggota tubuh sebelah kiri di bandingkan sebelah kanan.kidal bukanlah suatu kecacatan sesungguhnya hal ini di sebabkan karena dominasi fungsi belahan otak yang berbeda.
Dalam anggota tubuh kita otak mempunyai dua bagian yaitu bagian kiri dan bagian kanan.otak kiri kita mengatur pergerakan dominasi dan bagian kanan tubuh kita mengatur pergerakan  dominasi  dari bagian kiri kita.anak hampir 80% pada perkembangannya akan menggunakan dominasi belahan otak sebelah kiri sehingga anak  akan aktif dengan tangan kanan dalam beraktivitas sisanya dapat menjadi kidal.Menurut THE LEFT HONDERS CLUB sebuah organisasi orang-orang kidal mereka tidak pernah mengganggap Bahwa kidal adalah sebuah kelainan tapi sebaliknya kidal itu adalah keren.
     Penyebab Anak Menjadi Kidal.
Menurut  Fabiola Priscilla Setiawan M.psi,psikolog anak dan remaja kidal terjadi kalau otak kanan seseorang lebih dominan di bandingkan otak kirinya.penyebab anak menjadi kidal yaitu:
* facktor lingkungan kalau seorang anak emang di biasakan pake tangan kiri dari kecil atau bisa juga faktor genetik kalau di satu keluarganya ada yang kidal juga.
*selain itu ibu yang melewati proses melahirkan yang sulit dan yang terlalu sering memaksakan USG saat sedang  hamil juga di sebut sebagai hal yang menyebabkan kidal.
      Kelebihan Dan Kekurangan Dari Anak Kidal.
*kelebihan dari anak kidal yaitu:
   Akibat dari otak kanan lebih dominan anak-anak yang kidal juga biasanya punya daya khayal dan imajinasi yang tinggi yang bikin mereka jadi lebih kreatif di bandingkan anak bertangan kanan.selain itu pada umumnya anak kidal memmpunai bakat dalam menggambar.
*Kekurangan dari anak kidal yaitu:
     Ank kidal biasanya lebih sensitif dan mereka cenderung tidak PD apalagi kalau lingkunganya tidak menerima dia sebagai orang kidal.
DampaK yang timbul apabila anak kidal di paksakan menggunakan tangan kananya yaitu :apabila ada anak di paksakan untuk menggunakan tangan kananya biasanya jadi lebih cepat gampang cemas,tidak bisa tidur,tidak PD bahkan bisa mengalami gangguan bicara(gagap)dan orientasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar